-->
Selamat Datang & Terima Kasih Telah Berkunjung. Senang Bisa Berbagi

Daftar Riwayah Hidup: Pengertian, Macam-mcam, Tujuan, dan Contohnya

Pengertian Daftar Riwayat Hidup


Mengutip dari Encyclopedia Britannica, daftar riwayat hidup dapat berisi ringkasan rinci tentang latar belakang, gelar akademik, pengalaman kerja, pengalaman organisasi, penelitian publikasi, presentasi dan kuliah, penghargaan juga prestasi.

Hal penting yang harus ada dan dicantumkan dalam daftar riwayat hidup.
1. Identitas diri
Identitas diri wajib ada di Daftar Riwayat Hidup. Biasanya Daftar Riwayat Hidup tersebut seputar nama, tempat tanggal lahir, alamat, jenis kelamin, dan beberapa hal lain yang bersifat pribadi.
2. Riwayat pendidikan
Riwayat pendidikan ini biasanya diisi dengan mencatumkan riwayat pendidikan yang pernah ditempuh. Urut mulai dari awal hingga pendidikan terakhir. Pada umumnya terdiri dari dua macam yakni pendidikan formal dan pendidikan nonformal.
3. Pengalaman kerja
Pengalaman kerja di isi apabila si pelamar pernah bekerja sebelumnya. Seperti pernah bekerja di mana, dan ditempatkan pada posisi apa, serta alokasi waktunya.
4. Pengalaman organisasi
Namun, apabila si pelamar belum pernah bekerja sama sekali, seperti yang ada pada kasus fresh graduate, biasanya pengalaman kerja diganti dan diisi dengan pengalaman organisasi.
5. Keahlian khusus
Hal ini penting, terutama bila mencantumkan keahlian yang berkaitan dengan posisi yang dilamar. Biasanya keahlian khusus ini menjadi salah satu hal yang nantinya akan dipertimbangkan oleh HRD perusahaan sebelum akhirnya merekrut si pelamar tersebut.
 
Macam-macam Daftar Riwayat Hidup
1. Daftar riwayat hidup berdasarkan urutan kronologis. Daftar riwayat hidup yang mengedepankan pendidikan dan pengalaman kerja dalam urutan kronologis. Daftar riwayat hidup berdasarkan urutan kronologis baik digunakan bila seseorang mempunyai tipe perkerjaan yang sama sepanjang karir seseorang, sehingga daftar riwayat hidup model ini akan memperlihatkan perkembangan karir seseorang. Daftar riwayat hidup seperti ini lebih disenangi oleh sejumlah perusahaan, karena format susunannya yang dimulai dengan pengalaman kerja paling baru.
2. Daftar riwayat hidup berdasarkan keterampilan. Jenis daftar riwayat hidup ini lebih terfokus pada keterampilan dibanding pengalaman kerja. Fungsinya adalah untuk meyakinkan pemberi kerja bahwa seseorang mempunyai keterampilan yang dibutuhkan untuk melakukan pekerjaan tersebut. Daftar riwayat hidup yang satu ini ini cocok untuk para fresh graduate dan orang yang ingin berganti pekerjaan ke bidang yang berbeda dengan bidang kerjanya dulu.
 
Tujuan Pembuatan Daftar Riwayat Hidup
Berikut adalah tujuan pembuatan Daftar Riwayat Hidup yang perlu diketahui dan dipelajari:
1. Daftar riwayat hidup atau resume bagi pelamar pekerjaan adalah mendeskripsikan kemampuan yang dimiliki dengan cara realistis dan sesuai dengan yang dibutuhkan oleh perusahaan. Tingkat relevansinya tergantung dari teknik evaluasi yang dilakukan pelamar.
2. Daftar riwayat hidup secara umum dibuat untuk melamar sebuah pekerjaan. Di samping itu juga bisa untuk mendaftar beasiswa, seminar, lomba-lomba dan sebagai lampiran pendukung ketika mengirim sebuah tulisan baik ke surat kabar yang berbentuk opini dan cerpen atau dalam bentuk buku ke penerbit. Tidak hanya itu, ketika kita menulis skripsi atau tesis, biasanya akan di lampirkan pula CV dari seorang penulisnya.
3. Daftar riwayat hidup atau resume, bagi perusahaan yang membuka lowongan kerja adalah mempermudah mengevaluasi kompetensi dan bakat pelamar yang memiliki relevansi dengan apa yang benar-benar dibutuhkan oleh perusahaan.

 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel